Aspek-aspek Perencanaan Usaha Produk Kerajinan
Aspek Produksi
- Sifat proses produksi yang terus-menerus atau berdasarkan jumlah pesanan.
- Jenis dan mutu produk mempertimbangkan ketahanan lama tidaknya produk tersebut, mutu, dan sifat permintaan konsumen terhadap produknya.
- Jenis produknya (model baru atau model lama), dengan meneliti terlebih dahulu lokasi, volume produksi, musiman atau sepanjang masa.
- Pengendalian proses produksi, menyangkut perencanaan dan pengawasan proses produksi.
Aspek Pemasaran
- Harga : berapa harga yang ditetapkan, berapa harga pesaing, perlukah menentukan diskon.
- Lokasi : tentukan segmen apa yang dijadikan faktor utama
- Promosi : pilihlah alat promosi yang sesuai misalkan selebaran, brosur, poster, media massa, radio,dan televisi .
- Distribusi : untuk mencapai konsumen dapat dilakukan dengan cara perorangan, pengecer, agen,
- grosir atau pedagang besar.
Aspek Keuangan
- Sumber Internal1) Tabungan sendiri2) Setoran dari pemegang saham3) Menjual barang yang kurang produktif4) Menjual barang yang menguntungkan (pada saat menjual, lebih mahal serta lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan harga saat membeli)5) Fasilitas/tempat milik sendiri (tanah, bangunan, garasi, mesin dll)
- Sumber Eksternal1) Perbankan2) Lembaga Keuangan Nonbank3) Perorangan4) Lainnya
- proyeksi atau Rancangan Keuangan1) Neraca harian2) Laporan laba rugi3) Laporan arus kas4) Analisa pulang pokok
Tidak ada komentar:
Posting Komentar