Facebook Hand Pointer

Rabu, 09 Januari 2019

Prakaya Kerajinan


1.Apa yang dimaksud dengan kerajinan?

Kerajinan adalah hal yang berkaitan dengan buatan tangan atau kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan (kerajinan tangan). Kerajinan yang dibuat biasanya terbuat dari berbagai bahan. Dari kerajinan ini menghasilkan hiasan atau benda seni maupun barang pakai. Biasanya istilah ini diterapkan untuk cara tradisional dalam membuat barang-barang.

Simak lebih lanjut di Brainly.co.id - https://brainly.co.id/tugas/360960#readmore


2.Bahan-bahan yang digunakan untuk kerajinan

  1. Kerajinan tangan dari tanah liat.
Tanah liat merupakan bahan alam yang melimpat dan dapat dengan mudah ditemui disekitar lingkungan kita. Kerajinan yang banyak dibuat untuk digunakan sebagai peralatan rumah tangga ini dibentuh oleh tangan manusia dengan bantua alat pemutar atau perbot. Beberapa hasil karya kerajinan tangan dari tanah liat yang bisa dengan mudah kita jumpai antara lain.
  1. Kerajinan tangan dari serat alami.
Lingkungan Indonesia yang hijau menyimpan beraneka ragam tanaman yang memiliki serat. Beberapa dari tanaman tersebut dari diolah menjadi serat alami. Salah satu kerajinan tangan yang berasal dari bahan alam adalah kerajinan tangan serta alami. Kerajinan alam dengan bahan serat alami ini biasanya dibuat menggunakan teknik teknik dasar anyaman.
  1. Kerajinan tangan dari kayu
Sebagai negara tropis, kayu merupakan komoditas yang melimpah dan banyak tersedia dari hutan hutan produktif yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Kayu merupakan salah satu jenis bahan alam yang dapat dibentuk menjadi sebuah karya seni melalui teknik pahatan, teknik ukir, teknik sambung, teknik bubut dan beberapa teknik lainnya. Kerajinan tangan dari bahan kayu merupakan salah satu kerajinan tangan yang sudah banyak diakui di mancanegara karena kualitas dan bentuk ukirannya yang sangat khas bergantung dari asal daerah kerajinan kayu tersebut.
  1. Kerajinan tangan dari bambu
Selain kayu, bambu juga merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak ditemui di negara tropis seperti Indonesia ini. Banyaknya bambu yang melimpah menjadikannya salah satu bahan terbaik untuk membuat kerajinan tangan. Berbagai macam benda seni yang fungsional dapat terbentuk melalui teknik ayaman bambu. Kerajinan tangan dari bambu sering kali dapat memberikan kesan traditional dan antik pada sebuah ruangan.  Beberapa hasil karya dari kerajinan tangan berbahan dasar bambu diantaranya adalah sandal bambu, tudung saji dari bambu, lukisan bambu, dan lainnya.
  1. Kerajinan tangan dari batu
Hampir disetiap tempat batu merupakan benda alam yang dapat dengan mudah ditemui. Sehingga banyak kerajinan tangan yang menggunakan batu sebagai bahan dasarnya. Namun tidak semua batu dapat digunakan menjadi kerajinan tangan karena beberapa jenis batu tidak tahan terhadap teknik pahatan yang dilakukan untuk memporses batu menjadi sebuah kerajinan tangan.

3.Jenis-jenis kerajinan dan bahannya

Produk Kerajinan dari Bahan Alam

Produk kerajinan dari bahan alam ini dibuat dibeberapa wilayah di Indonesia. Namun setiap wiayah memiliki proses pembuatan produk kerajinan yang berbeda beda. Setiap wilayah memiliki produk unggulan yang dapat digunakan untuk ciri khas wilayah tersebut. Perbedaan tersebut dikarenakan setiap daerah memiliki sumber daya alam yang berbeda beda. Dibawah ini saya akan membahas beberapa bahan alam yang dapat di buat menjadi produk kerajinan beserta contoh dan pembuatan produknya.

Bahan Alam Tanah Liat


Bahan Alam Serat Alam


Bahan Alam Kayu


Bahan Alam Bambu


Bahan Alam Kulit


Bahan Alam Logam


Bahan Alam Batu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kerajinan Kayu

Kerajinan Kayu Hutan yang tersebar di seluruh Indonesia menjadikan negara kita ladang akan  bahan kayu. Karya kerajinan ukiran ini l...