Facebook Hand Pointer

Selasa, 30 Juli 2019

Perencanaan Instalasi Listrik Rumah Tangga Yang Aman Dan Efisien

Perencanaan Instalasi Listrik Rumah Tangga Yang Aman Dan Efisien

Menginstalasi listrik untuk rumah tangga harus dilakukan dengan tepat, hal ini bertujuan untuk keamanan kita sendiri dan sudah selayaknya bagi kita untuk menjaga diri sendiri ataupun orang lain dari bahaya listrik.
Selain keamanan perlu juga kita lakukan pemasangan instalasi yang efisien, dengan ini maka akan memberikan sebuah kenyamanan di dalam penggunaan listrik.
Bukan hanya masalah penempatan titik saklar, stop kontak atau lampu yang akan dipasang, namun juga harus memperhatikan pula kualitas barang yang dipakai karena semakin baik kualitas bahan yang dipakai, maka akan memberikan keamanan dan lebih meminimalisir dari resiko bahaya listrik.
Pemasangan area bangunan rumah setelah kwh meter dari PLN biasanya akan dikerjakan oleh tukang instalasi atau jasa instalatir lainnya, instalasi yang dipasangpun juga ditentukan sesuai dengan keinginan atau kebutuhan pemilik bangunan. Nah disinilah peran penting sebagai pemilik rumah yang memang memiliki hak untuk memasang instalasi yang diinginkan, maka tak ada salahnya apabila anda merencanakan instalasi yang aman dan efisien.

Dibawah ini adalah contoh gambar instalasi yang berkelompok dengan memisahkan perkakas rumah tangga yang berdaya besar seperti AC, Pompa air, dll.
Keuntungan instalasi ini ialah :
- Apabila salah satu dari kelompok mengalami kelebihan beban atau konsleting listrik maka tidak akan berimbas pada kelompok lain.
- Jika terjadi kerusakan dan membutuhkan perbaikan maka akan lebih memudahkan kita.dalam memperbaikinya.
- Tingkat keamanan yang tinggi karena setiap MCB akan mengamankan kelompoknya masing-masing.

Dalam instalasi juga dianjurkan untuk setiap peralatan/perkakas rumah tangga listrik yang memiliki daya besar seperti AC, Pompa air, Kulkas, Mesin cuci, dan lain-lain untuk dibuatkan jalur atau kelompok sendiri yang bertujuan untuk mencegah terjadinya overload (beban yang melebihi kapasitas) atau dari bahaya konsleting listrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kerajinan Kayu

Kerajinan Kayu Hutan yang tersebar di seluruh Indonesia menjadikan negara kita ladang akan  bahan kayu. Karya kerajinan ukiran ini l...