Facebook Hand Pointer

Selasa, 13 Agustus 2019

Alat Elektronik Rumah Tangga

Alat Elektronik Rumah Tangga
1.Bargainser
Instalasi Listrik Rumah
Alat ini dipasang di setiap rumah listrik berlangganan listrik PLN. Bagian ini adalah batas antara PLN dan pelanggan. Terlepas dari hal ini adalah tanggung jawab pelanggan. Bargainser masih menjadi tanggung jawab PLN. Jadi alat ini disegel oleh PLN. Petugas PLN hanya berwenang untuk membuka bargainser ini. Oleh karena itu, jika ada masalah dengan bagian ini, segera hubungi untuk PLN.Jika ada rumah yang menggunakan listrik tetapi tidak ada bargainser terpasang, bisa jadi rumah menggunakan daya sendiri pembangkit (generator), dipasok dari rumah lain atau menggunakan ilegal (kami yakin kesadaran kita telah sangat baik untuk selalu menggunakan hukum penggunaan).
Fungsi bargainser adalah Membatasi daya yang digunakan oleh pelanggan (sesuai dengan kontrak pemasangan), Mencatat daya yang digunakan oleh konsumen. Pemutus daya utama beralih jika ada kekuatan kelebihan konsumsi oleh pelanggan, gangguan arus pendek pada instalasi listrik atau sengaja dimatikan rumah pelanggan untuk tujuan pemasangan perbaikan listrik rumah.
Dalam Komponen Bargainser terdapat komponen utama yakni :
  • Circuit Breaker (MCB)
    Circuit Breaker (MCB) adalah komponen bargainser yang berkerja untuk memutuskan arus listrik, bila terjadi pemakaian daya yang berlebihan atau bila terjadi hubungan singkat dari suatu peralatan listrik rumah.
  • Meter Listrik (Kwh Meter)
    Meter Listrik (Kwh Meter) Sebagai penujuk besarnya daya listrik dan satuan Kwh (Kilowatt hour), petugas PLN yang setiap bulannya yang selalu mencatat angka-angka meter listrik ini.
  • Spin Control
    Spin Control sebagai alat yang berputar dan menggerakan meter listrik.  Jika, terjadi pemakaian daya. Semakin besar pemakaian daya semakin cepat spin control berputar. https://instalasilistrikrumah.wordpress.com
2.Miniatur Circuit Breaker
MCB (Miniature Circuit Breaker) atau Miniatur Pemutus Sirkuit adalah sebuah perangkat elektromekanikal yang berfungsi sebagai pelindung rangkaian listrik dari arus yang berlebihan.  Dengan kata lain, MCB dapat memutuskan arus listrik secara otomatis ketika arus listrik yang melewati MCB tesebut melebihi nilai yang ditentukan. Namun saat arus dalam kondisi normal, MCB dapat berfungsi sebagai saklar yang bisa menghubungkan atau memutuskan arus listrik secara manual.MCB pada dasarnya memiliki fungsi yang hampir sama dengan Sekering (FUSE) yaitu memutuskan aliran arus listrik rangkaian ketika terjadi gangguan kelebihan arus. Terjadinya kelebihan arus listrik ini dapat dikarenakan adanya hubung singkat (Short Circuit) ataupun adanya beban lebih (Overload). Namun MCB dapat di-ON-kan kembali ketika rangkaian listrik sudah normal, sedangkan Fuse/Sekering yang terputus akibat gangguan kelebihan arus tersebut tidak dapat digunakan lagi.
3.Stopkontak
Stop kontak adalah sebuah alat pemutus ketika terjadi kontak antara arus positif, arus negatif dan grounding pada instalasi listrik. Dan yang lebih penting lagi ELCB bisa memutuskan arus listrik ketika terjadi kontak antara listrik dan tubuh manusia.

UTICON Stop Kontak 4 Lubang + 4 Saklar ST-1482SW
4.Sakelar
Sakelar adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk memutuskan jaringan listrik, atau untuk menghubungkannya. Jadi saklar pada dasarnya adalah alat penyambung atau pemutus aliran listrik. Selain untuk jaringan listrik arus kuat, saklar berbentuk kecil juga dipakai untuk alat komponen elektronika arus lemah.
Hasil gambar untuk saklar adalah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kerajinan Kayu

Kerajinan Kayu Hutan yang tersebar di seluruh Indonesia menjadikan negara kita ladang akan  bahan kayu. Karya kerajinan ukiran ini l...